Minggu, 08 Februari 2015

Produk Olahan Kelapa

Produk Olahan Kelapa - Hampir seluruh wilayah di Indonesia ditumbuhi tanaman kelapa. Tanaman kelapa merupakan salah satu komoditas perkebunan yang sangat potensial, dan terkenal banyak manfaatnya bagi kebutuhan hidup manusia. Di antara hasil samping yang sangat bermanfaat dan mempunyai nilai ekonomi tinggi yaitu jok mobil, nata de coco, briket arang, anyaman dan sebagainya.



  • Produk utama dari Buah kelapa menghasilkan : sabut kelapa, tempurung, daging buah, dan air kelapa; dan semua bagian tersebut tidak ada yang terbuang dan dapat diolah lebih lanjut menjadi produk industri yang bervariatif.
  • Sabut kelapa antara lain dapat dimanfaatkan sebagai coir fibre, keset, sapu, jok mobil, dan matras.
  • Daging buah dapat dipakai sebagai bahan baku untuk menghasilkan kopra, minyak kelapa, coconut cream, santan, dan kelapa parutan kering (desiccated coconut). sedangkan air kelapa dapat dipakai untuk membuat cuka, penggumpal lateks. dan nata de coco.
  • Batok (tepurung) dapat dimanfaatkan untuk membuat charcoal, karbon aktif, arang briket, dan kerajinan tangan.
  • Dari batang kelapa dapat dihasilkan bahan-bahan bangunan baik untuk kerangka bangunan maupun untuk dinding serta atap, dan peralatan rumah tangga (pot, mebel, dan lain-lain). Daun kelapa dapat diambil lidinya yang dapat dipakai sebagai sapu, serta barang-barang anyaman.(Karbon Aktif)

0 komentar: